Rabu, 20 November 2013

Port Scanning

Internet memang sangat bermanfaat bagi kita di segala bidang kehidupan. Namun ternyata, internet juga memiliki dampak negatif, salah satunya dengan banyak bermunculan kejahatan-kejahatan yang dilakukan di dunia maya yang dikenal dengan istilah "cyber crime". Cyber crime dilakukan dengan berbagai macam cara dan modus. Contoh kasus Cyber Crime yang populer yaitu Port Scanning atau Probing.



Port Scanning atau Pobring merupakan kegiatan pengintaian terhadap sebuah server yang akan dibobol, biasanya dilakukan oleh seorang Cracker. Dengan melakukan pengintaian ini, seorang cracker bisa melihat servis atau pelayanan apa saja yang ada dalam server tersebut.. Program yang digunakan untuk melakukan kegiatan port scanning ini dapat diperoleh secara gratis di internet sehingga para cracker dapat dengan mudah mendapatkannya. Program yang populer yaitu "Superscan" yang berbasis windows.
Contoh kasus nyata dari port scanning ini dilakukan oleh 5 orang hacker yang berada di Moskow. Mereka telah mencuri sekitar 5400 data kartu kredit milik orang Rusia dan negara lain, dalam kurun waktu 1 tahun (1999-2000). Kejahatan ini ditangani oleh pemerintah Rusia, akan tetapi kerugian para pemilik kartu kredit yang mencapai US$ 630.000.18 itu belum ditangani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar