Rabu, 30 November 2011

Kolaborasi Microsoft Office Word, Excel, PowerPoint, dan Access Part 4

Pada tahap keempat ini, Bapak Sukoco harus mempresentasikan hasil pekerjaannya dihadapan Kepala Sekolah. Hal yang harus dilakukannya adalah membuat slide presentasi dengan menggunakan Microsoft Office PowerPoint 2010.
Kali ini, pada Microsoft Office PowerPoint 2010 juga akan dicoba untuk dikoneksikan dengan database yang sudah dibuat tadi. Konsep dasarnya tidak jauh berbeda dengan yang sebelum-sebelumnya.
Berikut langkah-langkah yang harus Bapak Sukoco kerjakan :
1. Buka Microsoft Office PowerPoint 2010.
Buka PowerPoint 2010
2. Setelah itu, buat desain seperti gambar dibawah ini. Setelah desainnya dibuat, klik icon chart (Insert Chart).
Insert Chart
3. Selanjutnya, akan ada pilihan jenis grafik/chart. Pilih sesuai keinginan. Contoh kali ini dipilih jenis grafik Column. Klik OK jika sudah memilih.
Pilih Jenis Chart
4. Akan ada 2 tampilan seperti gambar dibawah ini. Yang pertama adalah tampilan PowerPoint itu sendiri yang kedua adalah tampilan data yang ada pada grafik di PowerPoint itu sendiri yang berupa Microsoft Office Excel 2010.
Tampilan Sinkronasi
5. Hapus semua data pada jendela sebelah kanan (Excel). Karena kita akan mencoba mengambil data pada database.
Tampilan Sinkronasi hapus data excel
6. Setelah itu, langkahnya sama seperti pada mengkoneksikan database deng Microsoft Office Excel 2010. Klik Tab Data, lalu pilih Get External Data, lalu pilih Existing Connections..
Tampilan Sinkronasi get connections
7. Cari datanya dimana dengan klik Browse For More..
Existing Connection
8. Pilih Data Siswa Berprestasi yaitu database yang tadi sudah dibuat.
Buka Database
9. Pada tampilan kali ini, kita pilih Table biasa.
Tampilan Impor Data
10. Selanjutnya, pada tampilan jendela sebelah kanan akan terlihat data yang sudah dihubungkan dari database dengan Microsoft Office Excel 2010.
Koneksi Database Succes
11. Setelah ini, karena dengan grafiknya belum sinkron, maka kita harus menyinkronkan terlebih dahulu. Pada jendela kiri (PowerPoint) masih dalam Tab Design, pilih Select Data.
Select Data
12. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.
Select Data Source
13. Hapus semua yang ada pada kolom Legend Entries (Series) dengan mengklik Remove. Lalu jika semuanya sudah terhapus kita tambahkan yang baru (Add). Akan muncul tampilan untuk memilih data. Pada kolom pertama (Series Name) pilih Judul dari yang ada pada tabel contohnya Algoritma, lalu pada kolom kedua (Series Value), pilih datanya (nilainya). Contohnya seperti gambar dibawah ini. Jika sudah klik OK.
Select Legend 1
14. Maka pada tampilan Select Data Source akan muncul Algortima pada kolom Legend Entries (Series) seperti gambar dibawah ini.
Select Data Source 2
15. Ulangi langkah diatas sampai selesai. Pada kolom sebelah kanan (Horizontal Category), klik Edit dan pilih semua nama pada tabel. Sehingga menjadi seperti gambar dibawah ini. Jika sudah seperti ini, klik OK.
Select Data Source 3
16. Maka pada tampilan grafik akan muncul visualisasi data sesuai yang ada pada tabel tadi yang tentunya sama dengan yang ada dalam database.
Complete
17. Selanjutnya Microsoft Office Excel 2010 bisa kita tutup. Beri sedikit sentuhan desain 3D agar lebih indah.
Done
18. Sampai pada tahap ini, sudah selesai!
Nah, bagaimana? Mudah? Sudah selesailah pekerjaan Bapak Sukoco. Sekarang Bapak Sukoco hanya tinggal menambahkan / update data saja pada database-nya, secara otomatis pada yang lainnya pun akan berubah. LUAR BIASA!!!


Sumber: http://mugi.or.id/blogs/agam/archive/2009/09/17/kolaborasi-microsoft-office-word-excel-powerpoint-dan-access-part-4.aspx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar